. Pengertian Risiko dan Macam Macam Risiko | Pengertian Pakar
Loading...

Pengertian Risiko dan Macam Macam Risiko

Hai Pembaca, Kali ini Pengertian Pakar akan membahas mengenai pengertian risiko dan macam macam risiko dalam ekonomi.
 
 
Pengertian Risiko adalah kemungkinan adanya sesuatu yang tidak menguntungkan akan terjadi di masa yang akan datang (chance that some unfavorable event will occur). Risiko merupakan kenyataan yang tidak sesuatu dengan yang diharapkan.
 
Menurut DR Ir Soemarno, Pengertian Risiko adalah suatu kondisi yang timbul akibat ketidakpastian dengan seluruh konsekuensi tidak menguntungkan yang mungkin terjadi.
 
 
Terdapat banyak teori investasi yang mengatakan bahwa high risk high return, yang dimana setiap investasi yang menghasilkan pengembalian investasi yang tinggi juga akan disertai dengan berbagai risiko yang tinggi. Risiko bisa saja menuju pada suatu kerugian, oleh karena itu dalam suatu investasi baik di pasar modal maupun di pasar uang selain memperhitungkan hasil yang didapat juga harus memperhitungkan risiko yang akan terjadi. Semua jenis investasi yang ada memiliki risiko, baik itu kecil maupun besar. Jadi, arti pentingnya memahami risiko di dalam bisnis yaitu untuk menghindari atau mengantisipasi; serta meminimalisir terjadinya kerugian di dalam investasi.
 
 
|Macam Macam Risiko|
 
Jenis Jenis Risiko di dalam pasar uang dan pasar modal, antara lain :
 
1. Risiko Suku Bunga
Pengertian Risiko Suku Bunga adalah Risiko yang dialami dari akibat perubahan suku bunga yang terjadi di pasaran yang mampu 250eriod pengaruh bagi pendatan investasi.
 
 
2. Risiko Inflasi
Pengertian Risiko Inflasi adalah risiko potensi kerugian daya beli investasi karena terjadinya kenaikan rata-rata harga konsumsi.
Yang dapat dilakukan oleh investor, untuk mengatasi risiko inflasi, yaitu :
a. Menabung. Menabung di bank dapat mem-back up inflasi, karena bunga yang kita terima bisa mem-back up inflasi.
b. Investasi Emas. Dengan kita berinvestasi emas, maka kita akan terhindar dari risiko inflasi yang akan menggerogoti nilai mata uang kita, karena jika terjadi inflasi tinggi maka harga emas pun akan tinggi.
 
 
3. Risiko Likuiditas
Pengertian Risiko Likuiditas adalah risiko yang berkaitan dengan kecepatan suatu sekuritas yang diterbitkan perusahaan bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Semakin cepat suatu sekuritas diperdagangkan, maka semakin likuid sekuritas tersebut. Risiko ini bisa juga didefinisikan sebagai kemampuan perusahaan di dalam memenuhi kewajiban jangka pendek atau jatuh tempo dengan menggunakan periode yang ada.
 
 
4. Risiko Nilai Tukar Mata Uang (Valas)
Pengertian Risiko Nilai Tukar Mata Uang (Valas) adalah risiko yang berkaitan dengan fluktuasi nilai tukar mata uang 254eriodic dengan nilai mata uang 254eriod lainnya. Risiko ini juga dikenal dengan nama currency risk atau exchange rate risk.
 
 
5. Risiko Politik (Negara)
Pengertian Risiko Politik adalah risiko yang berkaitan dengan kondisi perpolitikan suatu periode. Risiko politik ini juga berkaitan dengan kemungkinan adanya perubahan ketentuan perundangan yang berakibat turunnya pendapatan yang diperkirakan dari suatu investasi atau bahkan akan terjadi kerugian total dari modal yang diinvestasikan. Bagi perusahaan yang beroperasi di luar negeri, maka stabilitas ekonomi dan politik periode bersangkutan akan sangat perlu diperhatikan untuk menghindari risiko periode yang terlalu tinggi.
 
 
6. Risiko Reinvestment
Pengertian Risiko Reinvestmen adalah risiko terhadap penghasilan-penghasilan suatu rasion keuangan yang harus di re-invest di dalam rasio yang berpendapatan rendah (risiko yang memaksa investor menempatkan pendapatan yang diperoleh dari bunga kredit atau surat-surat berharga investasi yang berpendapatan rendah akibat turunnya tingkat bunga.
 
 
 
Untuk menggambarkan lebih lanjut kepada pembaca mengenai keadaan risiko yang timbul di dalam financial assets, barikut ini akan dijelaskan dengan suatu ilustrasi sebagai berikut.
 
1. Umpamakan seorang investor membeli short-term government bond (surat-surat berharga pemerintah jangka pendek) seharga Rp. 100.000.000 dengan tingkat bunga (coupon rate) sebesar 15,5 % setahun. Jangka waktu daripada short-term bond dari pemerintah tersebut ialah 5 tahun. Dalam contoh kasus ini, pendapatan yang akan diperoleh oleh investor dengan cara menginvestasikan uangnya pada short-term bond tersebut dapat diperkirakan dengan pasti, dan investor semacam ini dapat digolongkan di dalam apa yang disebut risk-free.
 
2. Andaikata uang sebesar Rp. 100.000.000 tersebut diinvestasikan di dalam bentuk stock (saham) dari suatu perusahaan yang sedang merencanakan untuk melakukan pengeboran minyak di lepas pantai, maka hasil dari investasi ini tidak bisa diramalkan dengan pasti. Karena rate of return akan bervariasi dari sejumlah besar angka dengan nilai positif sampai dengan angka minus 100 %, dan karena ini adalah sangat besar kemungkinannya untuk memperoleh kerugian. Maka stock (saham) bisa dikatakan secara relatif mengandung risiko yang lebih tinggi atau bisa dikatakan risky.
 
 
Dari kedua ilustrasi tersebut di atas, maka dapatlah dikatakan bahwa investment risk diartikan dengan “probability of losses“, yaitu semakin besar kemungkinan untuk rugi maka investment tersebut akan semakin risky. Dengan demikian pengertian risk dari kedua ilustrasi tersebut di atas, akan mempunyai dampak yang berbeda bagi investor apabila mereka dihadapkan pada situasi pengambilan keputusan di bidang investasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diuraikan mengenai kriteria risk yang sesungguhnya seperti di bawah ini.
 
1. Risk
Pengertian Risk adalah apa yang akan kita lakukan belum tentu akan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kita harapkan. Atau dengan perkataan lain “sesuatu yang tidak menguntungkan”. Semua ini ialah di dalam situasi atau keadaan uncertainty atau under risk.
 
 
2. Certainty
Pengertian Certainty adalah suatu keadaan yang bisa kita ketahui sebelumnya mengenai apa yang akan terjadi di masa yang akan datang dan keadaan ini dapat kita ketahui secara pasti. Contohnya, coupon rate yang akan kita peroleh jika kita membeli obligasi atau SUN (Surat Utang Negara).
 
 
3. Uncertainty
Pengertian Uncertainty adalah suatu keadaan di dalam mana ada beberapa alternatif keputusan yang harus diambil, akan tetapi di dalam hal ini si pengambil keputusan tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman di dalam rangka proses pengambilan keputusan mengenai alternatif mana yang sekiranya akan dipilih dari beberapa alternatif keputusan yang ada.
 
 
4. Under Risk
Pengertian Under Risk adalah suatu keadaan di dalam mana ada beberapa alternatif keputusan yang akan dipilih, dimana si pengambil keputusan mempunyai pengetahuan dan pengalaman di dalam rangka proses pengambilan keputusan yang berhubungan dengan alternatif-alternatif yang tersedia. Jadi di dalam hal ini si pengambil keputusan mempunyai kemampuan untuk memilih alternatif mana yang baik dan yang buruk diantara alternatif-alternatif yang harus dipilih.
 
 
 
Berdasarkan atas kriteria-kriteria risk di atas, maka di dalam rangka proses pengambilan keputusan, sebaiknya kita buat banyak kemungkinan-kemungkinan alternatif yang akan kita pilih. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat memilih alternatif yang paling menguntungkan.
 
 
Konsep Dasar Risiko ditujukan untuk menilai risiko dari asset sebagai individual-risk of single asset dan menilai risiko dari asset sebagai suatu kelompok-risk of portofolio of asset. Ada tiga bentuk preferensi investor terhadap risiko, yaitu :
1. Risk Seeker, yaitu investor yang menyukai risiko atau mencari risiko.
2. Risk neutral, yaitu investor yang netral terhadap risiko, dan
3. Risk averter, yaitu investor yang tidak menyukai risiko atau menghindari risiko.
 
Sekian tulisan dari pengertian pakar mengenai pengertian risiko dan macam macam risiko, semoga tulisan pengertian pakar mengenai pengertian risiko dan macam macam risiko dapat bermanfaat.

Sumber : Tulisan Pengertian Pakar :

– Zulfikar, 2016. Pengantar Pasar Modal Dengan Pendekatan Statistika. Yang Menerbitkan Deepublish : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Risiko dan Macam Macam Risiko

Gambar Pengertian Risiko dan Macam Macam Risiko

 
Pengertian Risiko dan Macam Macam Risiko | utsman ali |